Home / Berita Umum / Banjir Mulai Surut Ada Beberapa Hal Untuk Antisipasi

Banjir Mulai Surut Ada Beberapa Hal Untuk Antisipasi

Bersamaan dengan turunnya debet air di sungai-sungai paling utama di Jakarta, pemukiman yang mulai sejak tempo hari, Senin (5/2) terendam banjir juga mulai berangsur surut.

Keadaan itu bukanlah bermakna potensi ancaman untuk warga telah menyusut, malah surutnya air dapat menyebabkan ancaman masalah kesehatan baru. Untuk menghadapi ancaman itu, Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan warga untuk lakukan beberapa hal.

1. Diambil dari bnpb. co. id, pascabanjir, yang perlu selekasnya dikerjakan yaitu bersihkan tempat tinggal yang terlebih dulu pernah terendam. Tempat tinggal mesti dibikin bersih dengan antiseptik supaya kuman-kuman didalam tempat tinggal dapat mati.

2. Sumber air bersih mesti diantisipasi supaya tidak tercemar, karna penyakit yang keluar pascabanjir diantaranya yaitu diare.

3. Diambil dari pusatkrisis. kemkes. go. id, pascabanjir yang perlu dikerjakan untuk melindungi kesehatan, yaitu melindungi alur makan. Bahan makanan yang bisa dikonsumsi korban, yaitu bahan makanan yg tidak terdampak banjir, atau yang masih tetap relatif steril.

4. Vaksinasi hepatitis A harus juga dikerjakan bila perlu. Pasalnya, tidak tutup peluang korban banjir dengan tidak berniat konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi.

5. Mencegah pada potensi serangan nyamuk Malaria serta Demam Berdarah, juga butuh dikerjakan. Karna bukanlah mustahil keluar kubangan-kubangan atau kolam kecil sesudah air surut, yang disebut tempat favorite dari nyamuk-nyamuk itu berkembang biak.

Antisipasi potensi itu dapat dikerjakan dengna langkah bersihkan beberapa tempat yang punya potensi digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Langkah perlakuannya yang lain yaitu dengan menyemprotkan insektisida.

About admin