Home / Berita Umum / Dilanda Kemarau Panjang, Warga Bojonegoro Bertindak Buat Sumur Cublik

Dilanda Kemarau Panjang, Warga Bojonegoro Bertindak Buat Sumur Cublik

Dilanda Kemarau Panjang, Warga Bojonegoro Bertindak Buat Sumur Cublik – Lantaran kekeringan masih menyerang.menimpa, beberapa penduduk di Bojonegoro bikin sumur cublik. Sumur dangkal itu memercayakan serapan air dari sawah ataupun dari sungai.

Seperti sumur cublik yang dibikin penduduk Desa Kedungbondo Kecamatan Balen, Bojonegoro. Sumur dangkal dengan dengan kedalaman satu mtr. itu dibikin ditepi sawah ataupun bantaran Sungai Bengawan Solo.

Penduduk bikin sumur itu berkat udah dua bulan paling akhir alami kesukaran dapatkan air bersih buat kepentingan keseharian. Air dari sumur cublik mereka pakai buat mandi serta membasuh.

” Iya ini bikin sumur cublik, dalamnya lebih kurang satu mtr.. Alhamdulillah dapat dimanfaatkan nyuci serta mandi. Bila buat masak serta minum beli air isi kembali, ” ujar Kasiyan, penduduk Kedung Wetan. Senin ( 28/10/2019) .

Sumur cublik dapatkan serapan air dari sawah ataupun Bengawan Solo. Walaupun airnya berwarna kekuningan, banyak penduduk yang menggunakannya.

Sumur-sumur cublik bakal ramai digunakan penduduk kala sore dan pagi hari. Dengan cara berganti-gantian mereka menimba air buat dibawa pulang ke rumah.

Tidak hanya itu, penduduk pun mengusahakan buat dapatkan air bersih dengan melaksanakan pengeboran kembali sumur bor. Bahkan juga memiliki pun yang lakukan modifikasi pompa supaya dapat mengisap air semakin banyak.

About penulis77